Minggu, 13 November 2011

Virus Terbaru Facebook Chat 2011 Dan Cara Membasminya







Paat ini facebook merupakan sosial network terbesar didunia yang reputasinya hampir mngelahkan raja Internet atau sesepuh Mbah Google, dan tercatat Indonesia merupakan pengakses terbanyak no 2 setelah USA dengan angka 40juta lebih pengguna. Tentu saja banyak sekali cobaan yang dihadapi dari isu,fitnah dan yang terbanyak dari Virus. Sudah banyak sekali virus2 yang menyerang FB , dan terakhir yang saat ini banyak kita temui adalah virus chat, itu orang yang sering sebut, seperti apa virus itu kerjanya dan bagaimana menghilangkanya, ok cekidot…….

Virus Chat FB ,itulah orang sering menyebutnya, karena virus ini muncul ketika kita login di FB dan muncul dari teman kita dengan mengirimkan link kepada kita, seperti ini:
link nya bermacam macam, seperti
http://img20.nimageshack.com/img20/i.php?8856-Picture**.JPG
http://s7.megaphotohost.com/g.php?k4m8t4y-Picture24.JPG
Kalo kitalihat memang sekilas seperti memberikan gambar kepada kita dan kalo kita klik memang tidak muncul apa2, karena sebenarnya itu kita sedang download dan menjalankan virus ini.
Sebenarnya ini bukanlah virus,tetapi malware, yang disimpan dalam bentuk MS DOS.
Virus ini dikenali oleh antivirus dengan berbagai nama, misal pada antivirus Norman sebagai W32/Kolab.xx.  atau  Trojanspy, worm:win32/slenfbot.gen!D dan sebagainya. karena setiap antivirus mengenalinya dengan nama berbeda.
yang pada intinya file ini dinamai oleh pembuatnya sebagai file Picture17._www.facebook.com  apapun link yg di sebarkan di kotak chat pasti dalamnya file itu.
Efek virus
Sebenarnya account FB anda tidak akan terinfeksi virus ini dan tidak akan berubah sama sekali, karena pada dasarnya yang terinfeksi adalah komputer kita. dalam komputer kita virus ini akan melakukan beberapa hal, dari membuat profil di firewall kita, agar dia bisa broadcast saat FB kita online. atau lewat YM juga bisa brodcast juga ternyata. maka tak heran YM kita juga akan melakukan broadcast/mengirimkan link ke teman kita yg OL.
Cara menghilangkan virus
Ok,disinilah rekan2 Djogdja.net  paling penting yang harus kita lakukan jika ternyata kita sudah terinfeksi virus itu.yaitu mencari dimana virus itu ada dan membuangnya jauh2.
Sebelum saya menulis ini kebetulan tadi saya membantu rekan saya yg netbooknya terkena virus itu , ternyata letak aplikasi virus itu ada di
c:windows/system32/wmpknc32.exe
dan tentu saja virus ini sdh melindungi dirinya dari penghapusan biasa.jika kita ke foder itu dan men-delete nya maka dia akan muncul lagi, maka perlu kita lakukan hal sbb:
1.Masuk ke windows safe mode.
2.setting folder dengan show mode,di folder option seperti ini
clik untuk perbesar
3.masuk ke folder c:/windows/system32 dan cari file  wmpknc32.exe  lalu delete,jangan lupa kosongkan recycle bin juga.
4.Klik star,ketikkan di RUN atau kl di windows7 kotak diatas star, tulis msconfig  maka akan muncul kotak  msconfig, pilih dikolom StartUp dan hilangkan centang pada file wmpknc32.exe.
5. kalo masih, silahkan bagi yang memakai windows XP bisa download antivirus NORTON,Kapersky atau yg lainya. Dan bagi yg menggunakan windows7 seperti sy, silahkan install antivirus ampuh yg asli dr microsoft dan tentunya gratis yang bernama microsoft security essential, rekan2 Dogdja.net  bisa download disini: http://www.microsoft.com/en-id/security_essentials/default.aspx
UPDATE: 20/okt/2011
Setelah saya cek lebih jauh , ternyata virus ini menyembunyikan dirinya di folder Username kita,
file:C:/Users/namaanda/xdddjRsC‚èwˆÌkmpklcgs.exe/kmpklcgs.exe
file:C:/Users/namaanda/xdddjRsC‚èwˆÌkmpklcgs.exe/kmpklcgs.exe
file:C:/Users/namaanda/ytdYBRfaÄ楋Ìkmpklcgs.exe/kmpklcgs.exe
file:C:/Users/namaanda/ytdYBRfaÄ楋Ìkmpklcgs.exe/kmpklcgs.exe
sebenarnya banyak lagi yg ada,itu cm sebagai contoh.
Jika kita buka folrder ile:C:/Users/namaanda/ maka akan ada Folder yg namanya tak beraturan, misal ytdYBRfaÄ楋Ìkmpklcgs.exe  dan itu akan kelihatan tampilanya sebagai folder kalau View mode folder kita pada posisi Hidden . tetapi kalo kita sudah menggantinya dengan cara no 2 diatas, yaitu engaktifkan Show Hidden file extention,maka akan kelihatan kalo Extensinya .exe.
dan didalamnya berisi file inti virus yaitu kmpklcgs.exe   dan semakin lama anda biarkan file ini akan membuat duplikatnya semakin banyak.

Tips agar terhindar dari virus itu
Rekan2 jangan asal klik link yang diberikan kepada teman kita di FB terutama di kotak chat. atau juga di YM. karena skr sudah berjalan di YM juga.
mohon jangan menulis link yg menuju ke virus itu, karena rekan2 malah akan menyebarkan juga virus itu.

Semua yang saya tulis ini berdasarkan pengalaman sy sendiri, jadi kepada para master jika saya ada salah tulis mohon dikoreksi.
Dan sampai saat ini si pembuat virus juga belum diketahui, entah dari pihak saingan FB atau oknum hacker nakal, atau cm iseng saja. yang penting kita agar selalu waspada.
selalu bantu rekan kita yang mengalami masalah,karena kita juga pasti dibantu saat mengalami masalah.
Sekian dari saya, semoga bisa sedikit membantu.  yang merasa terbantu dengan artikel ini silahkan berikan jempolnya di bawah dan kami tunggu komentarnya.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar